Solution Center

definisi sikap menurut para ahli

pengertian sikap

Sebelum kita menyimpulkan pengertian sikap , mari kita lihat dulu pengertian/difinisi sikap menurut para ahli

  1. Pengertian sikap menurut Louis Thurstone, Rensis Likert, Charles Osgood sikap adalah bentuk evaluasi atau reaksi perasaan (mendukung atau favorable/memihak)
  2. pengertian sikap menurut Thurstone sikap sebagai derajat afek positif atau negatif terhadap suatu objek psikologis
  3. pengertian sikap menurut Fishbein & Ajzen, Oskamp, Petty & Cacioppo sikap adalah afek/penilaian positif atau negatif terhadap suatu objek
  4. pengertian sikap menurut LaPierre dalam Allen, Guy, Edgley sikap sebagai suatu pola perilaku, tendesi atau kesiapan antisipatif, predisposisi untuk menyesuaikandiri dalam situasi sosial atau secara sederhana, sikap adalah respons terhadap stimuli sosial yang telah terkondisikan
  5. pengertian sikap menurut Secord & Backman, sikap adalah keteraturan tertentu dalam hal perasaan, pemikiran, dan predisposisi tindakan (konasi) seseorang terhadap suatu aspek di lingkungan sekitarnya
  6. pengertian sikap menurut Breckler, Katz & Stotland, Rajecki sikap sebagai kombinasi reaksi afektif, perilaku dan kognitif
  7. pengertian sikap menurut Sarnoff (dalam Sarwono, 2000) mengidentifikasikan sikap sebagai kesediaan untuk bereaksi (disposition to react) secara positif  (favorably) atau secara negatif (unfavorably) terhadap obyek – obyek tertentu. 
  8. pengertian sikap menurut D.Krech dan R.S Crutchfield (dalam Sears, 1999) berpendapat bahwa sikap sebagai organisasi yang bersifat menetap dari proses motivasional, emosional, perseptual, dan kognitif mengenai aspek dunia individu.
  9. definisi sikap menurut [La Pierre (dalam Azwar, 2003) sikap sebagai suatu pola perilaku, tendensi atau kesiapan antisipatif, predisposisi untuk menyesuaikan diri dalam situasi sosial, atau secara sederhana, sikap adalah respon terhadap stimuli sosial yang telah terkondisikan.
  10. definisi sikap menurut Soetarno (1994) adalah pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak terhadap obyek tertentu. Sikap senantiasa diarahkan kepada sesuatu artinya tidak ada sikap tanpa obyek. Sikap diarahkan kepada benda-benda, orang, peritiwa, pandangan, lembaga, norma dan lain-lain.

Dari beberapa pendapat pengertian/difinisi sikap yang dikemukakan oleh para ahli bisa kita simpulkan bahwa pengertian  sikap adalah keadaan diri dalam manusia yang menggerakkan untuk bertindak atau berbuat dalam kegiatan sosial dengan perasaan tertentu di dalam menanggapi obyek situasi atau kondisi di lingkungan sekitarnya. Selain itu sikap juga memberikan kesiapan untuk merespon yang sifatnya positif atau negatif terhadap obyek atau situasi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pustaka dengan judul definisi sikap menurut para ahli. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://aroxx-kaluwatu.blogspot.com/2013/08/definisi-sikap-menurut-para-ahli.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Jumat, 02 Agustus 2013

Belum ada komentar untuk "definisi sikap menurut para ahli"

Posting Komentar