Solution Center

Cara Membuat Template Lebih SEO Friendly

seo
Untuk membuat tema blog agar lebih SEO friendly bisa dilakukan dengan dua cara. Yang pertama adalah cara yang paling mudah dan simpel, terutama bagi yang tidak mau sedikit lebih jeli dan teliti dengan bahasa pemrograman. Yaitu cukup dengan mengganti tema blog yang sudah dimodifikasi dan mempunyai score SEO yang bagus. Dengan mengganti tema blog yang sudah dimodifikasi dengan penerapan unsur SEO, maka blogger tidak perlu repot-repot dengan bahasa pengkodean dan sudah bisa memiliki tema blog yang SEO friendly. Karena memang tidak semua blogger memahami bahasa pemrograman ini. Dan ada juga yang memang tidak mau dipusingkan dengan kode-kode yang bisa jadi terasa rumit bagi sebagian orang. Sedangkan cara yang kedua adalah cara yang memerlukan sedikit pengetahuan tentang bahasa pemrograman, terutama bahasa pengkodean HTML untuk blog dengan domain Blogspot. Dengan melakukan beberapa modifikasi terhadap susunan kode HTML dalam tema blog, tujuannya antara lain agar lebih mudah diindeks oleh search engine seperti Google .
Berikut ini beberapa langkah secara umum untuk memodifikasi tema blog
agar lebih SEO friendly, khususnya untuk blog dengan domain Blogspot.
Langkahnya antara lain:
1.     Memodifikasi Title Tag.
Cara mengetahui title tag dalam sebuah blog sudah SEO friendly atau belum, bisa dilakukan dengan memeriksanya pada tab sebuah browser. Ambil contoh dengan membuka sebuah judul artikel dari sebuah blog. Kemudian arahkan kursor mouse ke tab browser, yang terletak paling atas dengan logo favicon dari blog..
Jika kemudian judul artikel tersebut mucul di tab browser, berarti title tag dalam blog tersebut sudah baik. Namun jika pas kursor diarahkan ke tab browser, dan tidak muncul judul artikelnya, maka title tag dari blog tersebut belum SEO friendly. Dan agar lebih SEO friendly, selain title tag muncul pada tab browser,title tag juga perlu dimodifikasi agar selau muncul secara berbeda-beda untuk judul setiap postingan. Caranya adalah dengan menambahkan kode HTML pada kode antara dengan. Kode HTML tersebut yang perlu ditambahkanadalah berikut ini:.
2.     Mengaktifkan Tag Meta Description
Pada dasbor blog, pilihlah menu Setelan, kemudian pilih Preferensi
Penelusuran. Pada pilihan Preferensi Penelusuran ini terdapat dua
pilihan, “Ya” dan “Tidak”. Pilihlah dengan klik “Ya”, maka akan muncul
jendela kolom layar. Isilah kolom layar tersebut dengan deskripsi
singkat yang menggambarkan isi blog. Deskripsi meta panjangnya bisa sampai 160 karakter, jadi manfaatkanlah dengan kata-kata kunci yang penting yang sesuai dengan gambaran isi blog. Setelah deskripsi blog diisi, jangan lupa kemudian klik Simpan Perubahan. Setelah melakukan langkah tersebut, maka dalam setiap membuat postingan baru, akan ada menu pilihan Deskripsi Penelusuran. Letaknya di sebelah kanan dari kolom pengetikan. Setelah selesai menulis postingan, jangan lupa isikan lagi pada kolom Deskripsi Penelusuran tersebut sesuai dengan gambaran isi dari postingan.
3.     Membuat Heading Tag
Heading tag pada Blogspot, sekarang ini cukup mudah untuk dilakukan.
Pada menu kolom membuat postingan, telah disediakan pilihan menu untuk Heading ini. Letaknya di sebelah kanan pilihan Font, atau di sebelah kiri pilihan menu Bold.Pilihan yang disediakan adalah Heading, Sub Heading, Minor Heading dan Normal. Pilihan Heading adalah untuk kode H2, Sub Heading untuk kode H3, sedangkan Minor Heading untuk kode H4. Dengan adanya pilihan menu ini, maka membuat artikel atau postingan bisa lebih mudah dalam menerapkan SEO untuk blog.
4.     Menambahkan Breadcrums pada Blog
Memasang breadsrums pada blog, diyakini akan membantu mempermudah robot
mesin pencari untuk mengetahui sitemap atau struktur blog kita. Sebuah blog yang memasang breadcrums, di atas judul postingan atau artikel akan terlihat susunan atau urut-urutan kategori dari artikel tersebut. Misalnya saja seperti ini: Beranda>> Tentang Blog>> Blog galleryku. Urut-urutan tersebut menandakan kalau blog tersebut sudah terpasang breadcrums, dan diyakini lebih SEO friendly. Namun jika dalam blog tidak ada urutan seperti itu, bisa jadi blognya belum SEO friendly atau
standar-standar aja.
5.     Menambahkan Catatan Kaki atau Artikel Terkait
Menambahkan catatan kaki dalam setiap postingan, juga bisa membuat blog
lebih SEO friendly. Catatan kaki bisa berupa ucapan terima kasih kepada pembaca artikel blog, atau bisa juga berupa kumpulan kata kunci yang berkaitan dengan artikel. Selain catatan kaki, hal lainnya yang bisa dipasang adalah menu artikel terkait. Yaitu berisi daftar judul artikel yang masih berkaitan dengan artikel yang sedang dibaca. Dengan memasang artikel terkait ini, maka page view dalam setiap kunjungan ke blog bisa lebih meningkat. Dan jumlah page view ini sering dijadikan oleh mesin pencari untuk mengukur kualitas konten dalam blog. Artinya, jika page view blog tinggi, maka konten blog tersebut kemungkinan menarik dan membuat pengunjungnya bisa lebih betah atau berlama-lama mengunjungi blog. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, selanjutnya bisa dilakukan pengecekan kualitas SEO blog. Yaitu dengan mengecek skor nilai SEO dari blog. Cara mengeceknya pun cukup mudah, dengan mencari situs penyedia analisa SEO yang banyak tersedia di internet Sebagai contoh adalah situs Seoanalyser.net. Dengan pengecekan di situs tersebut, akan didapatkan hasil persentase tingkat SEO dari sebuah blog. Hasilnya akan menunjukkan apakah blog kita sudah SEO friendly ataukah belum. Jika skornya rendah, blognya berarti perlu pembenahan lagi karena belum memenuhi standar SEO.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori trik blog dengan judul Cara Membuat Template Lebih SEO Friendly. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://aroxx-kaluwatu.blogspot.com/2013/07/cara-membuat-template-lebih-seo-friendly.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Roy Manihai - Selasa, 23 Juli 2013

Belum ada komentar untuk " Cara Membuat Template Lebih SEO Friendly"

Posting Komentar