Solution Center

Pengertian Lengkap Organisasi dan arsitektur komputer

organisasi dan arsitektur komputer
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
Arsitektur Komputer adalah sesuatu yang membahas kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Pada prinsipnya sebuah sistem komputer terdiri dari 3 bagian utama, yaitu:
  1. CPU (Central Prosessing Unit)
  2. CPU merupakan bagian fungsional yang utama dari sebuah sistem komputer, dapat dikatakan bahwa CPU merupakan otak dari sebuah komputer. Di dalam CPU inilah semua kerja komputer dilakukan. Hal-hal yang perlu dilakukan CPU adalah:
    • Membaca, mengkodekan dan mengeksekusi instruksi program
    • Mengirim data dari dan ke memori, serta dari dan ke bagian input/output.
    • Merespon interupsi dari luar. Menyediakan clock dan sinyal kontrol kepada sistem.
    Dalam melakukan hal-hal di atas, jelas CPU perlu menyimpan data untuk sementara waktu. CPU perlu mengingat lokasi instruksi terakhir sehingga CPU akan dapat mengambil instruksi berikutnya. CPU perlu menyimpan instruksi dan data untuk sementara waktu pada saat instruksi sedang dieksekusi.Dengan kata lain, CPU memerlukan memori internal berukuran kecil yang disebut Register. Arithmetic and Logic Unit (ALU) berfungsi membentuk operasi-operasi aritmatika dan logic terhadap data Register menyimpan data sementara dan hasil operasi ALU. Control unit menghasilkan sinyal,, yang akan mengontrol operasi ALU, dan pemindahan data ke ALU atau dari ALU.
  3. Memori
  4. Memori Adalah bagian fungsional komputer yang berfungsi untuk menyimpan program dan data.memori terbagi atas 2 bagian yaitu :
    • RAM (Random Access Memory)
    RAM Adalah memori yang dapat dibaca atau ditulisi. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya data akan terhapus bila catu daya dihilangkan. Karena sifat RAM yang volatile ini, maka program computer tidak tersimpan di RAM. RAM hanya digunakan untuk mcnyimpaii data seinantara, yang ticlak begilu vital saal aliran daya terpiilus.
    • ROM (Read Only Memory)
    ROM Adalah memori yang hanya dapat dibaca. Data yang tersimpan dalam ROM bersifat non-volatile, artinya data tidak akan lerhapus meskipun catu daya IcrpuWis. Kaicna sil`alnya yang dcinikiaii, maka ROM dipergunakan untuk menyimpan program. Ada beberapa tipe ROM, diantaranya ROM murni, PROM, dan EPROM. PROM (Programmable ROM) adalah ROM yang dapat diprogram sendiri oleh pemakai.
  5. Input dan Output
  6. Untuk melakukan hubungan dengan piranti di luar sistem komputer membutuhkan perantara I/O. Perangkat I/O sebagai jembatan penghubung antara mikrokomputer dengan piranti di luar system dapat menerima data dari mikrokomputer dan dapat pula memberi data ke mikrokomputer.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori ilmu komputer dengan judul Pengertian Lengkap Organisasi dan arsitektur komputer. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://aroxx-kaluwatu.blogspot.com/2013/07/pengertian-lengkap-organisasi-dan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Roy Manihai - Selasa, 23 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Pengertian Lengkap Organisasi dan arsitektur komputer"

Posting Komentar